Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PBS Beroperasi di Kalteng Diharapkan Taat Penuhi Kewajiban

  • Oleh Donny Damara
  • 29 September 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kerap terjadinya konflik antara perusahaan dan masyarakat yang menuntut hak khususnya di wilayah Bumi Tambun Bungai menjadi salah satu fokus perhatian DPRD Kalteng selama ini.

Agar konflik tidak terus terjadi Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono pun berharap Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang beroperasi di wilayah Kalteng supaya dapat taat dalam memenuhi kewajibannya.

"Terutama hak masyarakat baik plasma 20 persen maupun CSR. Ini kewajiban yang harus dipenuhi oleh perusahaan, jangan sampai konflik terus terjadi akibat hak masyarakat itu tidak diberikan," ucapnya, Jumat, 29 September 2023.

Ia mengatakan, di dalam dunia investasi hal yang paling penting diperhatikan yakni menjalankan asas saling menguntungkan baik kepada daerah maupun masyarakat khususnya yang ada di sekitar perusahaan itu beroperasi.

Sehingga, hal seperti ini jangan sampai sama sekali diabaikan oleh pihak perusahaan. Di sisi lain dalam memperhatikan persoalan ini juga harus ada intervensi dari pemerintah terhadap perusahaan agar dapat taat memenuhi kewajibannya.

"Konflik itu harus sebisa mungkin dihindari, maka dari itu harus ada solusi yang diberikan baik oleh pemerintah maupun perusahaan itu sendiri. Tentu kita tidak ingin di Kalteng terus terjadi konflik yang dapat merugikan perusahaan dan masyarakat," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru