Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Bentuk Duta Pelajar Trantibum Cegah Perundungan

  • Oleh ANTARA
  • 01 Oktober 2023 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, membentuk duta pelajar ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum) sebagai salah satu upaya mencegah perundungan di sekolah.

"Melalui duta pelajar Trantibum ini, kami ingin praktik perundungan dan kenakalan remaja atau kenakalan pelajar dapat dicegah dan diminimalkan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palangka Raya, Berlianto di Palangka Raya, Sabtu.

Dia mengatakan perkembangan zaman dan arus informasi saat ini berdampak pada maraknya aksi kenakalan remaja seperti membolos saat jam belajar sekolah, bahkan tindakan perundungan yang berujung pada tindakan pidana.

Contohnya, kata dia, kasus yang viral di media sosial beberapa waktu lalu yakni adanya kasus perundungan dan kekerasan sesama pelajar serta adanya kasus kekerasan murid terhadap guru menggunakan senjata tajam.

"Saat ini telah terjadi penurunan moral dan karakter di kalangan generasi muda kita. Kondisi ini harus menjadi perhatian dan penanganan serius oleh semua pihak, termasuk kami," kata Berlianto.

Untuk itu, kata dia, duta pelajar Trantibmun juga akan mengambil peran dalam memberikan edukasi dan penguatan moral serta karakter sehingga aktivitas para siswa semakin mengarah pada hal yang positif dan produktif.

"Harapan kami, dengan pendekatan sesama maka para siswa juga akan lebih mudah menerima masukan, sehingga berbagai kenakalan remaja dapat diminimalkan. Para siswa juga semakin produktif," kata mantan Camat Pahandut ini.

Dia menerangkan saat ini pembentukan duta pelajar Trantibum dalam proses persiapan dan koordinasi dengan berbagai instansi terkait seperti dengan Dinas Pendidikan ataupun pihak sekolah.

Nantinya, kata dia, duta pelajar Trantibum juga akan dibekali kemampuan berkomunikasi dan lainnya untuk mendukung aksi dan program yang menjadi tanggung jawabnya.

"Kita ingin program ini segera terlaksana sehingga nanti di setiap sekolah ada duta pelajar Trantibum. Tugas kita untuk menjaga generasi penerus bangsa tetap bermoral, beretika, berkarakter dan berdaya saing," katanya.

ANTARA

Berita Terbaru