Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kualitas Udara Memburuk, Masyarakat Diimbau Taat Menggunakan Masker

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Oktober 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mengingat kualitas udara di Kalteng saat ini memburuk akibat kabut asap dari kejadian karhutla, Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah mengimbau masyarakat agar taat menggunakan masker.

Menurutnya, penggunaan masker ditengah situasi menurunnya kualitas udara akan dapat menjadi pelindung diri terutama bagi kesehatan. Sebab, kabut asap yang terjadi ini sangat rentan dapat menimbulkan penyakit ISPA.

"Menggunakan masker dapat melindungi paru-paru kita dari polusi udara, sebab ditengah karhutla seperti sekarang asap dapat menimbulkan penyakit ISPA," katanya, Minggu, 1 Oktober 2023.

Legislator yang juga merupakan masuk dalam jajaran pengurus PMI Kalteng ini mengungkapkan, dalam situasi seperti saat ini tentu kepedulian pihak-pihak terkait harus lebih ditingkatkan lagi.

Salah satu kepedulian yang dapat dilakukan yaitu membagikan masker kepada masyarakat sekaligus turun kelapangan mensosialisasi bahaya kabut asap bagi kesehatan serta penggunaan masker secara ketat.

"Kita dari PMI Kalteng bersama para relawan baru-baru ini telah membagikan kurang lebih 4000 masker kepada masyarakat di Kota Palangka Raya. Kita harap organisasi baik dari pemerintah, swasta maupun kemasyarakatan dapat melakukan hal yang sama," harapnya.

Di sisi lain, tidak lupa ia juga mengingatkan ketika beraktivitas diluar rumah masyarakat jangan sampai lupa menggunakan masker, selain itu jika tidak ada kepentingan mendesak ada baiknya tetap dirumah dan tidak perlu bepergian.

"Kualitas udara di Kalteng khususnya Kota Palangka Raya sudah masuk kategori tidak sehat hingga sampai saat ini, masyarakat harus tetap menjag kesehatan diri gunakan masker, banyak minum air putih, dan konsumsi makanan sehat," tandasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru