Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Non Muslim Ikut Meriahkan Parade Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten

  • 17 April 2016 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Parade pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur berlangsung meriah. Tidak hanya umat muslim, non-muslim pun ikut berpartisipasi memeriahkan acara pembukaan di Lapangan Sepak Bola, Kecamatan Telaga Antang Sabtu (16/4/2016) malam.

Saat parade berlangsung semua mata tertuju kepada para kafilah utusan dari 17 kecamatan. Satu-persatu kafilah melewati panggung kehormatan sesuai dengan nomor urutan yang dibacakan oleh pembawa acara. Kafilah terakhir dari 17 kecamatan atau penutup adalah rombongan kafilah tuan rumah yakni Kecamatan Telaga Antang.

Setelah rombongan tuan rumah masuk dengan jumlah yang lebih banyak dari kafilah utusan kecamatan lainnya. Dilanjutkan dengan parade rombongan Umat Hindu Kaharingan dan jemaat Gereja Kalimantan Evangelis Tumbang Sangai yang ikut berpartisipasi memeriahkan parade malam pembukaan itu.

Keiukutsertaan umat non-Muslim itu kontan mendapat apresiasi dan aplaus dari ribuan warga yang menghadiri pembukaan MTQ ke 47 yang dihadiri langsung oleh Bupati Kotim Supian Hadi.

'Rasa persaudaraan dan kerjasama antar umat beragama di Kotim sungguh luar biasa. Sebagaimana kita lihat saudara-saudara kita yang non muslim ikut memeriahkan devile MTQ. Ini adalah luar biasa, ini menandakan bahwa masyarakat Kotim damai dan rukun,' kata Kepala kantor Kementerian Agama Sampit, Syamsudin saat pembukaan MTQ Sabtu (16/4/2016) malam.

Bupati Kotim Supian Hadi mengapresiasi sekaligus bangga dengan para tokoh umat Hindu Kaharingan, Kristen dan Katolik atas kerjasama dan toleransinya dalam hoidup beragama di daerah itu.

'Saya dapat laporan keikutisertaan warga non Muslim tidak hanya saat parade malam pembukaan, tetapi mereka juga ikut membantu mempersiapkan pelaksanaan MTQ ini,' kata Supian Hadi.

Kerukunan umat beragama di Kotim sudah sangat luar biasa, hal itu sejalan dengan upaya pemerintah menjadikan Kotim sebagai daerah percontohan kerukunan umat beragama. Upaya itu diwujudkan pemerintah daerah dengan memprogramkan pembangunan rumah ibadah secara berdampingan.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ, Sutimin mengatakan, jumlah rombongan kafilah pada MTQ ke-47 di Kecamatan Telaga Antang sebanyak 900 orang, yang ditampung di 19 pemondoklan yang tersebar di tiga desa. (RAFIUDIN/m)

Berita Terbaru