Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabut Asap, Pelaksanaan Belajar Mengajar di Kapuas Dilakukan Penyesuaian

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Oktober 2023 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kabut asap mulai menyelimuti wilayah Kabupaten Kapuas, terutama di pagi hari, sehingga Pemkab Kapuas melakukan penyesuaian pelaksanaan belajar mengajar di sekolah.

Pemkab Kapuas pun telah mengeluarkan dua surat, yaitu surat edaran tentang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama kabut asap, dan surat pemberitahuan yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kapuas diantaranya terkait kewajiban menggunakan masker bagi semua warga sekolah.

Sehubungan juga berdasarkan Surat Edaran Bupati Kapuas Nomor 100.3.4.2/1186/DINKES.2023 tanggal 27 September 2023 tentang imbauan memakai masker dan membatasi kegiatan luar gedung serta pelarangan pembakaran sampah, dan semakin pekatnya kabut asap, sehingga menurunnya kualitas udara yang memungkinkan dapat mengganggu kesehatan peserta didik.

"Ada dua surat yang sudah kita keluarkan menyikapi kabut asap di Kabupaten Kapuas bagi anak didik kita atau siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, Aswan, Senin, 2 Oktober 2023.

Dalam surat edaran tentang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama kabut asap diinstruksikan kepada seluruh Satuan Pendidikan jenjang PAUD/TK, SD, SMP dan Pendidikan Kesetaraan untuk mengambil langkah-langkah.

"Pertama mewajibkan pemakaian masker kepada semua warga sekolah di Satuan Pendidikan terutama ketika beraktivitas di luar ruangan," ucapnya.

Kemudian, penundaan awal jam belajar mengajar menjadi pukul 08.00 WIB.

Lalu, pengurangan jam belajar mengajar 10 menit setiap jam pelajaran untuk jenjang PAUD, SD dan SMP (menyesuaikan situasi dan kondisi di wilayah masing-masing).

Meniadakan kegiatan upacara, olah raga, senam bersama dan ekstrakurikuler di luar ruangan. Untuk kegiatan olah raga dan ekstrakurikuler diperbolehkan asalkan di dalam ruangan.

"Mengimbau peserta didik untuk mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan memperbanyak konsumsi air putih," imbuhnya.

Berita Terbaru