Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dampak Kemarau Panjang, Dua Jenis Ikan Ini Langka di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 05 Oktober 2023 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hasil survei Dinas Perikanan Palangka Raya mencatat ada kelangkaan dua jenis ikan akibat kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan sungai.

"Hasil survei kami ke pedagang, ada dua jenis ikan yang saat ini langka, yaitu ikan saluang dan kapar. Mereka bilang karena kekeringan," kata Sekretaris Dinas Perikanan Palangka Raya, Sri Utomo, Kamis, 5 Oktober 2023.

Kondisi kekeringan menyebabkan berkurangnya pasokan air di sungai-sungai utama seperti Sungai Kahayan dan Sungai Sebangau, yang merupakan sumber utama ikan Saluang dan Kapar.

"Situasi ini sangat mengkhawatirkan bagi komunitas nelayan lokal yang bergantung pada hasil tangkapannya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Kekeringan ini tidak hanya memengaruhi sektor perikanan, tetapi juga membawa dampak negatif terhadap ekosistem sungai yang beragam.

"Kondisi sungai yang kering dapat menyebabkan penurunan populasi ikan Saluang dan Kapar, yang merupakan spesies endemik yang hanya ditemukan di wilayah ini," ungkapnya. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru