Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

El Nino Memberikan Pengaruh terhadap Tanaman Hortikultura dan Kenaikan Harga

  • Oleh Marini
  • 05 Oktober 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mulai pertengahan September 2023 sampai sekarang el nino memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tanaman hortikultura. Serta perubahan dalam produksi pertanian, akibat el Nino dapat menyebabkan ketidakstabilan pasar berupa kenaikan harga. 

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah Sunarti mengatakan, dampak el Nino dengan tetap menjaga produktivitas sektor pertanian. Penting untuk melakukan perencanaan yang baik dan beradaptasi dengan perubahan iklim guna menjaga keberlanjutan dan ketahanan pangan.

"El nino ini memberikan pengaruh yang besar terhadap tanaman hortikultura. Jika panen berkurang atau gagal, pasokan dapat berkurang, yang dapat menyebabkan kenaikan harga," ucapnya, Kamis, 5 Oktober 2023.

Ia juga mencontohkan, jenis tanaman hortikultura yaitu sayur-sayuran meliputi bayam, kangkung, dan kacang panjang. Dampak el nino membuat ketidakseimbangan pasokan dan permintaan. Hal ini dapat mempengaruhi petani, pedagang, dan konsumen secara keseluruhan.

Ia mengatakan, el nino membuat pasokan air kering sangat menggangu tanaman hortikultura yang tentunya membutuhkan pasokan air untuk proses pertumbuhan. Langkah yang diambil oleh pihaknya, melakukan pemompaan air yang tentunya membutuhkan tambahan biaya untuk bahan bakar minyak. 

"Otomatis harganya naik, maka biaya penjualannya juga naik, hortikultura kita paling banyak di Kota Palangka Raya yang terdapat di Kelampangan dan Tangkiling," tandasnya. (MARINI/J)

Berita Terbaru