Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Harapkan Pemanfaatan SDA Tidak Berlebihan untuk Menjaga dari Kepunahan

  • Oleh Marini
  • 06 Oktober 2023 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Sirajul Rahman mengharapkan pemanfaatan sumber daya alam atau SDA tepat sasaran dan tidak mengekploitasinya secara berlebihan. Ini agar bisa untuk tetap menjaga ekosistem dari kepunahan.

Ia juga menekankan, pentingnya melestarikan kekayaan alam yang dimiliki oleh Bumi Tambun Bungai. Kekayaan alam yang melimpah adalah aset berharga yang harus dijaga baik oleh pemerintah daerah maupun masyarakat. 

"Pemanfaatan SDA harus dilakukan dengan bijak agar bisa berkelanjutan," ucapnya, Jumat, 6 Oktober 2023.

Ia juga menyampaikan, Kalteng dikenal memiliki beragam kekayaan alam, mulai dari SDA hingga keberagaman tanaman dan satwa langka. Meskipun SDA dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat, harus ada keseimbangan dan kebijakan yang bijak agar tidak terjadi eksploitasi berlebihan.

"SDA yang ada boleh saja dimanfaatkan akan tetapi jangan mengekploitasinya secara berlebihan. Begitu juga dengan tanaman maupun satwa langka hendaknya dijaga jangan sampai dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau dibunuh, sebab hal itu dapat mengakibatkan kepunahan," tegasnya.

Ia juga mengingatkan, melestarikan kekayaan alam bukanlah tanggung jawab satu pihak saja, melainkan tugas bersama. Semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta, harus menyadari pentingnya kekayaan alam Kalteng untuk kehidupan. (MARINI/J)

Berita Terbaru