Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Media Gathering Bersama PWI Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 07 Oktober 2023 - 04:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara  melaksanakan media gathering dengan awak media yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Barito Utara di rumah Pintar KPU setempat, Jumat, 6 Oktober 2023.

Media Gathering ini dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua KPU Malik Mulyawan, Komisioner KPU Siska Dewi Lestari yang membidangi divisi perencanaan data dan informasi, Sekretaris KPU Agodiansyah, Ketua dan Sekretaris PWI serta anggota.

“Pada hari ini kita sama-sama berkumpul di ruang Pintar Pemilu atau Media Center KPU Barito Utara dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan yang terkhusus adalah bincang-bincang berkenaan dengan tahapan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024,” kata Ketua KPU, H Malik Mulyawan.

Dikatakan Malik, ditetapkannya tahapan pemilu itu pada 14 Juni 2022 sampai dengan hari ini, hal-hal yang sudah dilakukan oleh KPU Barito Utara selaku salah satu organ penyelenggara pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

Menurut Ketua KPU, dirinya sangat paham betul, peran dan fungsi media massa ini adalah pilar demokrasi yang akan memberikan dan menyampaikan informasi-informasi khususnya pemilu kepada masyarakat luas. Insan pers ini salah satu pilar demokrasi yang tugas pokoknya adalah melakukan fungsi kontrol baik itu terhadap kebijakan pemerintah ataupun hal-hal yang berkenaan dengan program pemerintah.

“Untuk itu diharapkan kita sama-sama berkoordinasi dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024 mendatang. Peranan pers atau media adalah hal yang sangat penting dan harus sama-sama serta beriringan dalam melakukan serta mensukseskan pelaksanaan pemilu serentak 2024,” kata dia.

Lebih lanjut Ketua KPU, kesuksesan penyelenggaraan pemilu ini adalah kesuksesan kita bersama. Tidak didominasi oleh penyelenggara (KUP-red), kami hanya mengkoordinir saja. Jadi tugas kita bersama sesuai dengan dimana urut posisinya dan keberadaannya. Lembaga itu ikut berpartisipasi didalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

Malik Mulyawan juga menjelaskan, untuk jumlah peserta Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Barito Utara tetap ada 18 Partai Politik. Dari 18 parpol tersebut ada 4 (empat) parpol yang tidak mengajukan calonnya. Sedangkan parpol yang ada calonnya ada 14 parpol.

“Untuk parpol yang tidak ada calonnya yaitu, PBB, PKN, Partai Buruh dan Partai Garuda. Semula yang mengajukan calon sebanyak 340 calon. Setelah dilanjutkan ada tahapan untuk menyampaikan persyaratan ternyata 4 partai tersebut tidak menyampaikan persyaratannya, sehingga saat ini jumlah calon anggota DPRD Barito Utara sebanyak 305 calon dari 4 daerah pemilihan (Dapil),” kata Malik Mulyawan.

Lebih lanjut Malik Mulyawan, untuk Dapil Barito Utara I (Kecamatan Teweh Tengah 9 kursi), Dapil Barito Utara II (Kecamatan Lahei, Lahei Barat Gunung Purei dan Teweh Timur 6 kursi), Dapil III Barito Utara (Kecamatan Montallat dan Gunung Timang, 4 kursi) dan Dapil IV Barito Utara (Kecamatan Teweh Baru dan Teweh Selatan, 5 kursi).

Sedangkan untuk jumlah pemilih untuk Barito Utara 114.092 pemilih. Dan saat ini masih berproses daftar pemilih tambahan. Untuk jumlah TPS berjumlah 458 TPS se Barito Utara. (RAMADHANI/J)

Berita Terbaru