Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sepanjang September Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 Oktober 2023 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sepanjang September 2023 sektor jasa keuangan secara nasional, termasuk di Kalimantan Tengah disebut terjaga stabil. Hal ini diungkapkan dalam Siaran Pers Hasil Rapat Dewan Komisioner Bulanan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK pada 27 September 2023 yang disampaikan pada 9 Oktober 2023.

"RDK menilai sektor jasa keuangan nasional terjaga stabil didukung permodalan yang kuat, kondisi likuiditas yang memadai, dan profil risiko yang terjaga," kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy menyampaikan hasil RDK, Selasa, 10 Oktober 2023.

Sehingga, lanjut Otto, hal ini dapat meningkatkan optimisme bahwa sektor jasa keuangan mampu memitigasi risiko higher for longer suku bunga global.

"Divergensi kinerja perekonomian global masih terus berlanjut," katanya lagi.

Di Amerika Serikat, kata Otto, tingkat inflasi yang masih tinggi ditengah masih solidnya kinerja perekonomian mendorong kebijakan The Fed diprediksi lebih hawkish.

Sementara di Eropa, meski kinerja perekonomian terus lemah, tingkat inflasi yang masih tinggi sehingga otoritas moneter Eropa kembali menaikkan suku bunganya namun mengisyaratkan tingkat suku bunga saat ini telah mencapai puncaknya.

"Sementara itu di Tiongkok, pemulihan ekonomi yang belum sesuai ekspektasi dan kinerja ekonomi yang masih di level pandemi meningkatkan kekhawatiran bagi pemulihan perekonomian global," terang Otto lagi.

Sedangkan insentif fiskal dan moneter yang dikeluarkan otoritas menurutnya masih terbatas.

Perkembangan tersebut mendorong berlanjutnya kenaikan yield surat utang di AS dan penguatan USD sehingga menyebabkan tekanan outflow dari pasar emerging markets termasuk Indonesia.

"Volatilitas di pasar keuangan, baik di pasar saham, obligasi, dan nilai tukar juga dalam tren meningkat," terang Otto lagi.

Berita Terbaru