Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasta Gigi dan Teknik Menyikat Gigi Penting untuk Diperhatikan

  • Oleh Marini
  • 11 Oktober 2023 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pasta gigi dan teknik menyikat gigi penting untuk diperhatikan. Tujuan agar tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berdasarkan anjuran medis disampaikan oleh drg Dwi Martisza, bahwa ukuran pasta gigi menurut American Academy of Pediatric (AAP) tahun 2020, umur 6 bulan-3 tahun selapis tipis atau sebutir beras pasta gigi berflouride (masih aman jika tertelan).

"Lebih dari 3 tahun-dewasa sebesar sebiji kacang polong pasta gigi berflouride (untuk anak yang sudah bisa meludah dan berkumur)," ucapnya, Rabu, 11 Oktober 2023.

Kemudian, teknik menyikat gigi ada cara yang dianjurkannya untuk membersihkan deposit lunak pada permukaan gigi dan gusi. Tentu hal ini merupakan tindakan preventif dalam menjaga kesehatan rongga mulut yang optimal berdasarkan anjuran medis.

Dokter gigi asal Kota Palangka Raya ini pun memberikan edukasi terkait teknik sikat gigi modifikasi. Berikut langkahnya:

Siapkan pasta gigi sebesar sebiji kacang polong di sikat gigi dan air kumur.

Letakan sikat gigi mengarah ke gusi dan gigi atas paling belakang dengan gerakan memutar 2-3 gigi sampai bersih lalu pindah ke gigi selanjutnya.

Gigi sisi bagian dalam disikat dengan cara ditarik ke arah luar dan sisi bagian kunyah gigi dengan gerakan maju mundur, diulang dengan gerakan yang sama untuk gigi bawah. 

Jika sudah selesai tidak lupa untuk menyikat permukaan lidah dengan sikat gigi, julurkan lidah ke luar dan ditarik dengan gerakan satu arah secara perlahan. 

Gantilah sikat gigi minimal 3 bulan, sikat gigi rutin pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur (durasi menyikat gigi 2 menit). 

"Memakai dental floss juga dianjurkan dipakai setiap hari untuk membersihkan area gigi, yang tidak terjangkau dengan sikat gigi," terangnya. (MARINI/Y)

Berita Terbaru