Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hujan di Palangka Raya Ternyata Hasil Modifikasi Cuaca

  • Oleh Hendri
  • 11 Oktober 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kota Palangka Raya sempat diguyur hujan dengan intensitas sedang pada beberapa hari yang lalu. Hujan ini ternyata hasil modifikasi cuaca oleh Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang berlaku di Kalteng.

Hal ini disampaikan Lian, seorang prakirawan dari Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya. Dia menyebut, kegiatan TMC di Kalteng mendorong pembentukan awan hujan, yang pada gilirannya meningkatkan curah hujan.

Selain itu, faktor cuaca juga berperan dalam hujan beberapa waktu lalu karena kelembaban udara di Kalteng berada dalam kategori uap air yang cukup tinggi.

"Selain itu, stabilitas atmosfer udara yang cukup labil juga mendukung pembentukan awan hujan dan hujan yang terjadi," katanya, Rabu, 11 Oktober 2023.

Namun, saat ini, potensi hujan di Kalteng mengalami penurunan, dengan suhu udara permukaan berkisar antara 32 hingga 34 derajat Celsius.

"Oleh karena itu, saat ini potensi hujan menurun dan cuaca cenderung berawan. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi karhutla," demikian penjelasan Lian. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru