Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mantra Dibacakan Saat Membersihkan Museum Balanga

  • Oleh Marini
  • 17 Oktober 2023 - 06:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam melaksanakan ritual dibacakan mantra-mantra yang bersifat doa. Untuk membersihkan wilayah, dengan tujuan hal-hal negatif yang tidak kasat mata tidak menggangu manusia.

Hal ini diutarakan Basir Tambang yang memberitahukan mamapas atau membersihkan yang dilakukan secara ritual untuk menangkal hal-hal yang negatif, terutama makhluk halus yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata disebut Dahiang Baya. 

"Untuk itu, maka setiap ritual Balian ada Saingang yang bekerja. Seperti contoh di Museum Balanga ini kami melaksanakan ritual mamapas," katanya, Minggu, 15 Oktober 2023.

Ia menjelaskan, saat melaksanakan ritual mamapas secara batin bukan Basir yang melakukan sendiri tapi itu menyatu dengan Saingang.

"Saat ritual Balian maka jiwa Saingang menyatu dengan jiwa Basir. Sesuai dengan tema tahun ini Mamapas Manyadingen Ganan Ramu mensucikan Museum Balanga ini. Termasuk benda pusaka, guci-guci, maupun benda lainnya," bebernya.

Basir Tambang juga mengatakan, dirinya ikut serta dalam Mamapas Manyadingen Ganan Ramu Museum Balanga tahun ini. Mantra-mantra telah diutarakan dengan harapan museum tersebut jauh dari Dahiang Baya, baik itu untuk karyawan maupun pengunjung. (MARINI/J)

Berita Terbaru