Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wagub Kalteng Sampaikan Penanganan Karhutla Perlu Upaya Bersama

  • Oleh Marini
  • 17 Oktober 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo mengajak baik pemerintah, masyarakat, dunia pendidikan, tokoh masyarakat, agama, dan lainnya agar bersama-sama bergandengan tangan bahu-membahu melakukan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

"Saya harap kita bersama-bersama berupaya agar Kalteng betul-betul keadaannya kembali kondusif terutama dalam hal penanganan Karhutla," katanya saat menghadiri secara virtual acara Hasupa Hasambewa, Senin, 16 Oktober 2023.

Upaya pemadaman karhutla baik melalui Satgas darat maupun udara terus dilakukan. Kendati demikian titik api dan kebakaran hutan maupun lahan masih ditemui oleh petugas sehingga penanganannya masih terus dilanjutkan.

Untuk itu ia juga menyampaikan, perlu dukungan terhadap upaya pemadaman maksimal dalam mengendalikan lahan yang terbakar.

Ia juga mengapresiasi kinerja tim gabungan dari BPBD, Manggala Agni, TNI, Polri, Masyarakat Peduli Api dan instansi maupun relawan lainnya masih berjibaku memadamkan api menggunakan darat maupun lewat udara. 

"Dukungan semua stakeholder agar berupaya dengan cepat, tidak kalah penting dukungan anggaran. Pemprov Kalteng meningkatkan status bencana Karhutla di wilayah Provinsj Kalteng dari siaga darurat menjadi status tanggap darurat Karhutla," tuturnya.

Ia juga menginformasikan, 5 daerah yang telah menetapkan status tanggap darurat bencana Karhutla, yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur, Pulang Pisau, Kapuas, Katingan dan Palangka Raya. (MARINI/J)

Berita Terbaru