Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Retail Harus Pintar Baca Peluang di Tengah Arus Deras Digital

  • Oleh ANTARA
  • 19 Oktober 2023 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera merevitalisasi Pasar Tanah Abang sebagai upaya membantu pedagang di dalamnya yang mengalami kesulitan akibat sepi dari pembeli.

Langkah Pemprov DKI Jakarta ini sebagai tindak lanjut sepinya Blok G karena ditinggal pedagang yang mengeluhkan tidak adanya arus pembeli yang masuk ke dalam blok tersebut.

Bahkan saking tak ada peminat Blok G tersebut membuat Pemprov DKI harus memutar otak untuk mengoptimalkan bangunan itu agar lebih berdaya guna.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bahkan meminta BUMD Pasar Jaya bisa meniru Sarinah Thamrin yang mampu memosisikan diri menjadi pusat belanja modern yang selalu ramai dikunjungi.

Kepala Riset Colliers Indonesia Ferry Salanto menyebut sektor retail sesuai dengan siklus properti seharusnya berada pada fase puncak, namun pada kenyataannya banyak dari mal dan pusat belanja justru sepi dari pengunjung.

Dari hasil riset menyebutkan penyebab kesulitan yang dialami mal dan pusat belanja karena tidak memiliki kekhususan (spesialisasi) tenant-tenant di dalamnya.

Contoh, sepanjang barang dagangan (merchandise) pada pusat belanja atau mal itu tidak ada yang istimewa atau unik sehingga pembeli enggan untuk mampir.

Soal barang dagangan ini memang menjadi kendala saat ini mengingat mayoritas yang berada di toko kini sudah banyak tersedia di lapak e-commerce (toko daring).

Fenomena saat ini, konsumen lebih senang berbelanja di toko daring ketimbang harus terkena macet atau mengantre parkir di mal untuk membeli barang serupa.

Persoalannya apakah kehadiran toko daring ini menjadi ancaman bagi mal serta pusat belanja, kenyataannya tidak demikian.

Sejumlah mal dan pusat belanja tetap eksis di tengah membanjirnya produk-produk yang ditawarkan toko daring. Namun konsep yang ditawarkan mal dan pusat belanja sekarang ini berbeda yakni lebih menonjolkan sisi hiburan (entertainment).

Bahkan belanja secara daring kini juga tersedia di toko-toko resmi untuk memudahkan konsumen memenuhi kebutuhan.


TAGS:

Berita Terbaru