Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasihan, Kalteng Daerah Peringkat Pertama Low Access To Cash

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Oktober 2023 - 08:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kalimantan Tengah disebut sebagai daerah dengan peringkat pertama Low Acces To Cash. Hal ini bukanlah prestasi melainkan sebuah kemunduran lantaran Low Acces To Cash berarti rendahnya akses suatu kelompok masyarakat untuk menjangkau layanan uang tunai.

"Kalteng ini nomor 1 daerah yang sulit menjangkau layanan uang tunai, nomor satu Akses Rendah Terhadap Uang Tunai atau Low Acces to Cash," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng, Taufik Saleh kemarin kepada Borneonews, Jumat, 20 Oktober 2023.

Menurut Taufik, dari 187 kecamatan di Indonesia yang diberi predikat Low Acces To Cash, 11 kecamatan di antaranya ada di Kalteng.

"Low acces to cash di Kalteng ada 11 kecamatan yang memang masih sulit dijangkau sehingga tidak ada lembaga keuangan, tidak ada bank di sana sehingga perlu berbagai upaya agar masyarakat terlayani kebutuhan uangnya," tutur Taufik lagi.

Hingga saat ini menurut Taufik upaya yang dilakukan BI Kalteng untuk mengatasi hal ini antara lain Bank Indonesia mengintensifkan kas titipan di sebuah kabupaten tempat kecamatan-kecamatan itu berada, kemudian juga mendorong bank-bank untuk membuka semacam kantor kas di kecamatan yang sulit dijangkau tersebut.

"Dengan upaya-upaya ini diharapkan kebutuhan uang tunai masyarakat di daerah yang sulit dijangkau itu bisa terpenuhi," katanya. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru