Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Peserta Ikuti Bimtek Budidaya Anggur di Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Oktober 2023 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ratusan peserta berasal dari tiga kabupaten sangat antusias mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) pelatihan budidaya anggur dari Balai Karantina Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan kerjasama dengan Anggota Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto dan didukung oleh DPD asosiasi penggiat anggur Indonesia Kabupaten Kotawaringin Barat ini, berlangsung di Cafe Anggur, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Ratusan peserta Bimtek yang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Barat, Sukamara dan Kotawaringin Timur ini, mendapat bimbingan mulai dari cara menanam anggur, jenis anggur dan penanganan hama.

Koordinator Balai Karantina Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah Danang Budi yuliarso mengatakan, Bimtek ini sangat perlu dilakukan karena memberikan edukasi kepada petani atau warga dalam mengembangkan anggur di lahan pertanian maupun pekarangan rumah.

"Dengan Bimtek budidaya anggur ini maka peserta dapat mempraktekannya dengan baik, sehingga ada peningkatan produktivitas budidaya anggur di Kobar, dan Kalimantan Tengah pada umumnya jadi semakin berkembang," ujarnya.

Tidak hanya itu, peserta juga dapat menyampaikan langsung aspirasinya dalam pengembangan budidaya anggur yang diserap langsung oleh Anggota DPR RI Komisi IV Bambang Purwanto yang salah satunya membidangi sektor pertanian.

"Pertama saya sangat mengapresiasi Bimtek budidaya anggur ini, kemudian saya melihat semangat dari pembudidaya anggur ini luar biasa, maka saya juga tertarik untuk fasilitasi para pegiat anggur di kobar," tuturnya.

Menurut Bambang Purwanto budidaya anggur ini menjadi alternatif masyarakat untuk mendapatkan nilai tambah, karena budidaya anggur cukup menjanjikan.

"Buah anggur sabgat bernilai ekonomis tinggi,.maka dari Bimtek ini jika memang serius dengan budidaya anggur maka akan meningkatkan perekonomian. Kita akan coba dorong agar pembudidaya di Kobar bisa mendapat bantuan, terutama bantuan bibit anggur yang berkualitas," pungkasnya. (DANANG/j)

Berita Terbaru