Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

197 Mesin Perahu Bahan Bakar Gas Akan Diberikan Kepada Nelayan di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 24 Oktober 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya akan mendistribusikan mesin perahu berbahan bakar gas (BBG) kepada nelayan kecil di wilayah ini. Bantuan kali ini cukup banyak, yakni 197 unit mesin BBG.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi mengatakan bantuan ini berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

"Kementerian akan memberikan 197 mesin perahu BBG. Awalnya, bantuan ini akan difokuskan untuk nelayan di Kecamatan Sabangau," katanya, Selasa, 24 Oktober 2023.

Kuota bantuan sebanyak 197 mesin perahu BBG akan diberikan terlebih dahulu kepada nelayan di Kecamatan Sebangau, sedangkan kecamatan lainnya akan menyusul pada tahun berikutnya.

"Distribusi bantuan berupa Mesin perahu BBG ini merupakan inisiatif Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan," ujarnya.

Mesin ini memungkinkan nelayan untuk mengkonversi bahan bakar dari BBM ke BBG, yang pada akhirnya dapat mengurangi biaya operasional.

"Dengan adanya mesin perahu BBG ini, kami harapkan nelayan dapat beralih dari BBM ke BBG. Selain lebih ekonomis, penggunaan BBG dapat menghemat biaya operasional sekitar 30 hingga 50 persen dan lebih ramah lingkungan," tambahnya.

Setiap nelayan penerima bantuan akan menerima paket yang terdiri dari mesin berkekuatan 7 Hp, 2 tabung gas 3 Kg, alat konversi, oli mesin, serta layanan servis gratis.

Nelayan yang berhak menerima program bantuan ini harus memiliki Kartu Kusuka (Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan) yang dikeluarkan oleh KKP RI. (HENDRI/H)

Berita Terbaru