Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dorong Pemanfaatkan Lahan Masyarakat Untuk Mengembangkan Usaha

  • Oleh Donny Damara
  • 24 Oktober 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Yohannes Freddy Ering meminta kepada pemda baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng supaya dapat mendorong pemanfaatan lahan masyarakat untuk mengembangkan usaha.

Dia mengatakan, ada banyak usaha yang dapat dikembangkan oleh masyarakat misalnya seperti pertanian, perkebunan hortikultura, peternakan serta perikanan. Usaha ini tentu memiliki potensi menjanjikan, sebab semua itu berkaitan dengan sektor pangan.

"Namun semua itu perlu didorong dan didukung oleh pemda, kita melihat di Kalteng sendiri terutama wilayah Dapil V meliputi Kapuas dan Pulpis, disana banyak lahan yang belum dimanfaatkan dengan baik," ucapnya, Selasa, 24 Oktober 2023.

Diungkapkannya, dari lahan yang belum dimanfaatkan tersebut memiliki potensi untuk mengembangkan berbagai usaha itu. Namun, didalam mengembangkannya tentu masyarakat memiliki kendala misalnya saja dari segi modal hingga sarana atau fasilitas pendukung.

"Contohnya bibit ternak, pertanian, perikanan, pupuk, maupun alsintan untuk menggarap lahan itu perlu diberikan kepada masyarakat melalui program bantuan. Sehingga nantinya lahan yang ada bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," ujarnya.

Hal tekait itu penting menjadi perhatian supaya bisa mendukung program pemerintah dalam upaya memperkuat ketahanan pangan daerah. "Karena usaha masyarakat juga sangat berperan dalam memperkuat ketahanan pangan, jadi potensi itu harus bisa diprioritaskan," pungkasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru