Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelihara Keaslian Cagar Budaya

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Oktober 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng Achmad Amur meminta kepada semua pihak baik dari pemda maupun masyarakat untuk dapat terus menjaga dan memelihara keaslian cagar budaya yang ada di Kalteng ini.

Ia mengatakan, cagar budaya misalnya benda-benda bersejarah merupakan warisan leluhur terdahulu dan merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki suatu daerah, sehingga keberadaannya jangan sampai hilang tergerus perkembangan zaman.

"Di negara-negara maju benda bersejarah, itu dirawat dan dipelihara dengan baik, karena memiliki nilai sejarah yang luar biasa. Inilah yang harus dapat kita contoh di Kalteng, karena daerah ini juga banyak memiliki cagar budaya atau benda bersejarah," ujarnya, Kamis, 26 Oktober 2023.

Ia menekankan, karena pentingnya pelestarian dan perlindungan terhadap cagar budaya maka legislatif dan eksekutif sepakat membentuk sebuah payung hukum berupa perda terkait perlindungan cagar budaya, dan itu sudah tewujud serta tingga hanya dijalankan dengan sebaik mungkin.

"Menjaga dan memelihara serta melindungi keaslian cagar budaya itu penting, karena yang asli itu tidak tergantikan. Bisa saja menduplikat tapi nilainya tidak sama karena bukan yang asli. Sehingga, implementasi dari perda yang ada harus dapat dijalankan dengan sebaik mungkin," ucapnya.

Dalam upaya mejaga dan memelihara cagar budaya ini tentu harus ada ahli pada bidangnya, dan pemda perlu memperhatikan hal tersebut dengan memperkerjakan tenaga ahli yang benar-benar kompeten terutama untuk mengetahui jenis-jenis cagar budaya yang ada di Bumi Tambun Bungai.

"Jadi harus bisa dipastikan bahwa cagar budaya itu asli dan benar adanya sesuai sejarah, berdasarkan penelitian yang dilakukan. Maka dari itu diperlukan ahli yang benar-benar paham terhadap keaslian cagar budaya Kalteng. Harapan kita tentu cagar budaya yang ada di provinsi ini keberadaannya bisa terus ada," tukasnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru