Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peserta Didik MIN 1 Kapuas Diajak Kenali Huma Betang, Ini Tujuannya

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 Oktober 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kapuas diajak mengenali Huma Betang atau rumah betang dalam rangka peningkatan pembelajaran profil pelajar Pancasila sebagai implementasi dari pembelajaran PPKN tema Bhinneka tunggal Ika.

Bertujuan agar siswa lebih menghargai dan menerima perbedaan serta menampilkan kebanggaan atas identitas budaya lokal Kabupaten Kapuas, dengan ini melaksanakan kegaitan kunjungan edukasi budaya ke Huma Betang Manggatang Utus Sei Pasah Kuala Kapuas.

Kunjungan edukasi MIN 1 Kapuas ini dipandu langsung oleh tim dari Dinas Parawisata Kabupaten Kapuas, pada kesempatan itu mereka menjelaskan sejarah dan kebuadayaan Dayak Kalimantan Tengah Khususnya Kabupaten Kapuas yang mana rumah adat Dayak (Huma Betang) yang ada di Sei Pasah Kecamatan Kapuas Hilir.

Koordinator Kunjungan Edukasi MIN 1 Kapuas, Pahriati mengatakan tujuan kunjungan edukasi ini untuk memberikan kesempatan bagi siswa dan siswi untuk belajar melalui pengalaman praktis di luar lingkungan kelas.

Menggali informasi dan mengenal budaya lokal dan melihat langsung apa saja warisan budaya yang ada di rumah betang manggatang utus Kapuas.

“Alhamdulillah kita mengikutkan 92 siswa kelas 6 dan 10 orang guru pendamping sebagai bahan ajar dan pengalaman bagi siswa dalam peningkatan pembelajaran profil pelajar Pancasila sebagai implementasi dari pembelajaran PPKN tema Bhinneka tunggal Ika," katanya, Jumat, 27 Oktober 2023.

Sementara, Kepala MIN 1 Kapuas, Ahmad Yani mengatakan siswa MIN 1 Kapuas diajak untuk mengenal budaya loka terutama budaya suku dayak, rumah adat dayak dan kesenainnya.

“Kalau kunjungan wisata budaya ini dilaksanakan juga untuk mengenalkan ragam budaya daerah, menanamkan rasa cinta budaya lokas sebagai kekayaan bangsa sesuai implementasi dari pembelajaran di madrasah," ucap Ahmad Yani.

Dia melihat siswa sangat senang diajak langsung melihat dan mendengarkan penjelasan dari Disbudpora Kapuas, melihat melihat secara langsung apa saja benda sejarah yang tersimpan di Huma Betang.

Mereka juga diajak berdiskusi tanya jawab bersama tim pemandu dari Disbudpora Kabupaten Kapuas.

"Sekali lagi saya mewakili MIN 1 Kapuas mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada tim yang sudah menerima kami dan siswa kami," pungkasnya. (DODI/j)

Berita Terbaru