Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Kerugian Bertani Sayur, Lurah Kalampangan Ingatkan Waspada Peralihan Cuaca dan Hama Tanaman

  • Oleh Marini
  • 28 Oktober 2023 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lurah Kalampangan Yunita Martina mengatakan, untuk mencegah kerugian dalam bertani sayur, dirinya mengingatkan petani agar mewaspadai musim peralihan cuaca serta hama tanaman.

Menurutnya, musim peralihan cuaca sering kali disertai dengan curah hujan yang tidak menentu, sehingga para petani harus lebih teliti dalam mengelola penyiraman tanaman mereka. 

Kemudian, mewaspadai hama yang dapat menyerang tanaman. Dengan mengamati gejala-gejala awal dan melakukan tindakan pencegahan.

"Kedua faktor tersebut perlu diperhatikan dan diwaspadai, agar petani dapat mencegah kerugian," katanya, Jumat, 27 Oktober 2023.

Ia juga menganjurkan, agar para petani lakukan pengamatan setidaknya sepekan sekali untuk mengamati, mempelajari, dan mengambil keputusan yang tepat jika ditemukan gejala faktor akibat cuaca maupu serangan hama tanaman.

Kemudian, ia juga mengharapkan persediaan sayuran perlu diperhatikan agar tidak mengalami kekurangan asupan sayur yang kaya akan gizi dan vitamin. Kebutuhan pangan tersebutlah yang membuat budidaya sayuran memiliki peluang bisnis yang besar.

"Saya ingin hasil panen di daerah Kalampangan ini berhasil dan tidak mengalami gagal panen. Saya memberikan peringatan serius terkait faktor-faktor yang perlu diperhatikan oleh para petani," tegasnya. 

Dirinya juga ingin petani Kalampangan berhasil dalam bertani, dan menjadi bukti bukti kemajuan pertanian di daerah tersebut. (MARINI/H)

Berita Terbaru