Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Dekranasda Kalteng Ajak Generasi Muda Melestarikan Kerajinan Rotan

  • Oleh Marini
  • 30 Oktober 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran mengajak generasi muda mencintai produk hasil karya lokal. Di antaranya adalah kerajinan rotan.

Generasi muda, sebut dia, juga harus berperan dan merasa bangga atas karya-karya yang dibuat oleh masyarakat setempat, salah satunya produk rotan yang berasal dari alam khas Kalteng.

Menurutnya kerajinan anyaman rotan perlu dilestarikan dan dikembangkan. Apalagi seiring berkembangnya jaman banyak kerajinan rotan yang eksis dipamerkan dalam ajang kebudayaan. 

Ia juga menuturkan kerajinan rotan biasanya diproduksi rumah tangga warga yang dilakukan secara tradisional turun temurun yang digeluti masyarakat Kalteng.

"Agar menginspirasi dan memotivasi para generasi muda untuk lebih mencintai produk dalam negeri. Kita punya rotan yang bisa dibuat sedemikian rupa menghasilkan karya yang begitu indah, tentu ini tidak hanya mendongkrak dibidang ekonomi saja, tapi juga bidang pariwisata," katanya, Senin, 30 Oktober 2023.

Istri Gubernur  Kalteng ini juga menambahkan, saat ini pihaknya sedang fokus pada menjawet anyaman rotan dan batik khas Kalteng. Ia mengakui sampai sekarang di beberapa daerah, menjawet anyaman rotan masih dikerjakan oleh orang tua, yang belum terlihat para generasi muda untuk menggeluti usaha kerajinan tersebut. 

"Untuk itu perlunya adanya inovasi dalam menggaet keinginan anak muda. Karena merekalah generasi penerus kita untuk menggembangkan dan melestarikan ini," tutupnya. (MARINI)
 

Berita Terbaru