Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalsel Sebut Masyarakat Inginkan Rel KA

  • 21 April 2016 - 20:57 WIB

GUBERNUR Kalimantan Se'latan (Kalsel) Sahbirin Noor menyatakan bahwa ma'syarakat sangat mengha'rap'kan jaringan rel kereta api (KA) trans Kalimantan seg'era ter'wujud.

'Bahkan saya sendiri sering me'nyanyikan lagu (berjudul) 'Kereta Malam', berharap im'pi'an daerah ini akan ada kereta a'pi secepat'nya terwujud,' ujar dia, Kamis (21/4/2016).

Untuk itu, ia berharap pe'merintah pusat mendengar impian masyarakat Kalsel dan segera mewujudkannya.

'Kita sudah berupaya terus mengkoordinasikannya ke pe'merintah pusat, bahkan pro'posal pembangunan rel ke'reta api sudah kita serahkan untuk segera direalisasikan,' akunya.

Pemerintah Indonesia di ba'wah kepemimpinan Presiden Jo'ko Widodo sudah menca'nang'kan pembangunan rel ke'reta api di Tanah Borneo, dan seperti diungkapkan Men'teri Perhubungan Ignasi'us Jonan, pembangunannya akan dimulai pada 2016.

Menurut Menhub, panjang rel kereta api yang akan dibangun di Pulau Kalimantan se'kitar 2.000 kilometer. Da'nanya berasal dari anggar'an pendapatan dan belanja dae'rah (APBN) sebesar Rp25 tri'liun, dengan jangka waktu li'ma tahun. Rel kereta api itu akan melalui daerah Kalsel yang terdiri dari 13 kabupaten/kota.

Dikutip dari situs resmi Dinas Perhubungan, rel kereta api trans Kalimantan akan menghubungkan Marabah'an-Banjarmasin, Tanjung-Pa'ringin-Barabai-Kandangan-Ran'tau- Martapura-Banjarba'ru-Bandara Syamsuddin Noor di Kalsel, dan Palangka Ra'ya-Pulang Pisau-Kuala Kapuas di Provinsi Kalimantan Tengah.

Kemudian, dari Tanjung, Kal'sel, ke Provinsi Kalimantan Timur melalui Tanah Grogot Balikpapan dan Balik'papan-Samarinda, hingga ak'hirnya ke Provinsi Kaliman'tan Barat.

(ANT/B-3)

Berita Terbaru