Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dispursip Kalteng Klaim Hasil Survei Aktivitas Membaca 60 Persen

  • Oleh Marini
  • 31 Oktober 2023 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plh. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng Artur Mungkun mengatakan, perpustakaan sekolah punya peranan yang penting dan strategis dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Gambaran hasil survei Tingkat Gemar Membaca (TGM) tahun 2023. Di Provinsi Kalteng bahwa lebih 60 persen masyarakat melakukan aktivitas membaca pada saat di rumah, dan sebagian besar melakukan melakukan akses membaca melalui media sosial.

"Membaca merupakan cara efektif untuk menambah wawasan. Dengan membaca, kita dapat mengetahui informasi apa saja. Rutin membaca dapat merangsang kerja otak menjadi lebih baik, aktif, dan mencegah penurunan daya ingat. Hal ini dapat membantu dan melatih seseorang dalam berpikir kritis dan analitis," katanya, Selasa, 31 Oktober 2023. 

Ia juga mengharapkan anak-anak sekolah untuk gemar membaca baik itu buku tentang, budaya, ekonomi, sosial, politik, dan berbagai aspek kehidupan lainnya. Agar Sumber Daya Manusia (SDM) berwawasan dan berkompeten dalam ilmu pengetahuan.

Ia juga memberitahukan, TGM tahun 2023 Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng menempatkan kategori tinggi di Provinsi Kalteng.

"60 persen masyarakat melakukan aktivitas membaca pada saat di rumah, dan sebagian besar melakukan melakukan akses membaca melalui media sosial," tuturnya.

Untuk itu ia mengharapkan gemar membaca dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk dalam ruangan sekolah di sela jam pembelajaran usia. (MARINI/j)

Berita Terbaru