Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ibu-ibu di Kotim Diberikan Pelatihan Membatik

  • Oleh Noor Annisa
  • 04 November 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah ibu-ibu di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur diberikan pelatihan membatik yang diadakan oleh Kementrian Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia dan difasilitasi Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) setempat.

"Ada 3 pelatihan dari Kementerian perindustrian dan Perdagangan yaitu membatik, barista dan pengelasan yang difasilitasi BLK, instrukturnya juga disediakan Kementerian," kata Kepala Unit UPTD BLK Kotpim, Idris Sugiono, Sabtu, 4 Oktober 2023.

Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari sejak Kamis, 2 November sampai dengan Sabtu, 4 November 2023. Peserta diajarkan cara membuat batik yang menarik hingga pemasarannya, dibina oleh Instruktur Kementerian, Tamzis Al Anas.

"Peserta dibimbing membatik mulai dari proses awal, mewarnai dan fiksasi atau finishing menjadi sebuah bahan baju atau bisa untuk bawahan dan juga kita sudah edukasi bagaimana membuat sarung," tutur Tamzis.

Tujuan dari pelatihan membatik ini, selain peserta diharapkan mahir membatik, nantinya juga paham akan pemasarannya.

"Kita produksi sebuah batik ini dimanfaatkan untuk apa, karena batik itu adalah sebuah proses bukan benda jadi, selain sebagai sarana pelestarian kita ajarkan untuk harapan produksinya bisa di serap pasar," katanya.

Untuk itu, batik yang diajarkan juga tidak luput dengan kearifan lokal seperti batik corak batang garing dimunculkan, yang dianggap sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar.

Permintaan batik di Kotim dinilai cukup banyak, seperti seragam pemerintahan, anak sekolah hingga kebutuhan sarung untuk anak pesantren. (NOOR ANNISA/H)

Berita Terbaru