Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Pelajar Ikuti Kemah Budaya di Museum Kayu Sampit

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 05 November 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ratusan pelajar mengikuti kemah budaya yang digelar di Museum Kayu Sampit.

"Sebanyak 150 pelajar terdiri dari siswa SLTP Madrasah Ibtidaiyah sederajat dan siswa SLTA Madrasah Aliyah sederajat se kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan juga melibatkan komunitas seni HIS Kotim," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim Utari Riambarwati, Sabtu, 4 November 2023.

Kemah budaya berlangsung selama 2 hari 4-5 November 2023 dengan berbagai kegiatan seminar dan berbagai lomba salah satunya tari serta permainan tradisional. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pelajar dalam pelestarian budaya di kehidupan masyarakat. Di mana museum sebagai lembaga penyimpanan, pengamatan, perawatan dan pelestarian hasil karya cipta dan karsa manusia yang mengandung nilai-nilai kearifan lokal yang dapat dimanfaatkan manusia sebagai identitas atau Simbol kehidupan masyarakat setempat.

Ini juga menjadi wahana edukasi bagi kaum muda agar dapat terlibat langsung dalam upaya pemajuan kebudayaan dengan cara melaksanakan kemah budaya.

"Sehingga mereka terpikirkan untuk mengimplementasi kemajuan kebudayaan, pelestarian kebudayaan dan peningkatan kapasitas di bidang sejarah serta membuka akses Inovasi dan kreativitas untuk mengenal lebih dalam tentang museum dan benda koleksi," ujarnya.

Selain itu, jemah budaya ialah upaya mempromosikan museum bagi dunia pendidikan dan masyarakat umum. Di mana museum terbuka untuk kepentingan pengembangan pembelajaran edukasi dan rekreasi. Sehingga museum sudah semestinya bersentuhan langsung dengan kalangan milenial sebagai generasi yang menempati posisi terbesar dalam masyarakat. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru