Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mencegah Abrasi, Program Penanaman Bakau di Pesisir Pantai Perlu Dimaksimalkan

  • Oleh Donny Damara
  • 05 November 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka untuk memcegah abrasi, Anggota DPRD Kalteng, Jubair Arifin mengatakan program penanaman bakau di pesisir pantai perlu dimaksimalkan.

Menurutnya, dengan memaksimalkan program itu maka dapat melindungi pantai dari abrasi atau pengikisan akibat diterpa gelombang laut atau semacamnya, dan hal ini perlu diperhatikan oleh pihak terkait terutama pemda.

"Pantai-pantai yang ada di wilayah pesisir di Kalteng ini terlebih yang mengalami abrasi hendaknya direvitalisasi dengan program penanaman bakau, saya rasi ini bagus," ucapnya, Minggu, 5 November 2023.

Dia mengatakan, pembangunan sring atau pemecah gelombang laut memang baik, tapi untuk jangka panjang akan lebih baik jika dilakukan revitalisasi dengan penanaman bakau dan itu juga bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Jadi selain mencegah abrasi juga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, karena akar dari pohon bakau ini merupakan tempat ekosistem disekitaran pesisir pantai, nah itu bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian," ujarnya.

Eskositem sekitar pesisir pantai yang dimaksud yakni seperti ikan, udang, kepiting, dan lain sebagainya yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat peisisir, sehingga tidak perlu lagi bagi masyarakat jauh-jauh mencari atau menjaring ikan ketengah laut.

"Misalnya saja di Desa Keraya Kobar, disana itu rawan abrasi dan sudah banyak rumah warga yang terdampak. Jadi program penanaman bakau ini perlu dimaksimalkan sehingga abrasi bisa diminimalisir dan bisa juga memberikan manfaat lain untuk masyarakat," pungkasnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru