Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Sampit Observasi Lokasi Kemunculan 3 Orangutan di Kebun Petani

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 09 November 2023 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit melakukan observasi lokasi kemunculan 3 orangutan di dekat kebun petani Jalan Jenderal Sudirman Kilometer 15, Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

"Dari keterangan anggota kelompok tani orangutan yang pernah terlihat dilokasi tersebut berjumlah 3 individu," kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Kamis, 9 November 2023.

Orangutan terakhir kali muncul di lokasi tersebut satu minggu lalu berjumlah 1 individu.

Kemunculan satwa yang dilindungi itu memicu kekhawatiran Kelompok tani Mandiri Makmur Sampit. Karena lokasi tersebut sedang digarap untuk penanaman padi seluas 108 hektare dan kelompok tani juga berencana menanam sawit. Mereka khawatir orang utan merusak tanaman.

Muriansyah mengatakan, pihaknya tidak menemukan orang utan ketika melakukan observasi. Namun pihaknya menemukan dua buah sarang orang utan yang telah ditinggalkan.

Ia bertemu dengan 16 anggota kelompok tani yang sedang menanam padi dan sejumlah warga lain di sekitar lokasi kemunculan orangutan.

"Kami memberikan pengarahan kepada anggota kelompok tani dan warga yg ditemui, terkait perilaku orangutan dan meminta apabila orangutan datang lagi segera melapor ke petugas dan memantau pergerakannya," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari kelompok tani Mandiri Makmur Sampit Shindu Yusminto menduga, orangutan muncul karena habitatnya terdampak kebakaran hutan dan lahan. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru