Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkembangan Sektor Perbankan Kalteng Tumbuh

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 November 2023 - 20:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy menyampaikan perkembangan sektor perbankan yang dinyatakan tumbuh pada periode Agustus 2023.

"Pada industri Perbankan, kinerja Bank Umum baik konvensional dan syariah mengalami pertumbuhan yang tergolong tinggi, per bulan Agustus 2023 Aset Bank Umum di Provinsi Kalimantan Tengah tumbuh sebesar 6,16 persen yoy," kata Otto dalam keterangan resminya pada Jumat, 10 November 2023.

Menurut Otto, pada sektor Dana Pihak Ketiga atau DPK meningkat sebesar 6,24 persen yoy dan Kredit meningkat sebesar 9,06 persen yoy dengan tingkat kredit bermasalah atau Non-Performing Loan sebesar 1,36 persen. 

"Kredit bank umum didominasi oleh Kredit Modal Kerja yang memiliki porsi kredit sebesar Rp14.482,32 triliun," bebernya.

Dengan 5 kredit sektor ekonomi terbesar, lanjut Otto, adalah Untuk Pemilikan Peralatan Rumah Tangga Lainnya yang termasuk pinjaman multiguna, kemudian Pertanian, Perburuan dan Kehutanan, Perdagangan Besar dan Eceran, Untuk Pemilikan Rumah Tinggal, serta Industri Pengolahan.

"Sementara itu lima Kabupaten/ Kota penyaluran kredit terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah berada pada Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Barito Utara," bebernya.

Penyaluran kredit pada bank umum, lanjut Otto lagi, masih didominasi pada jenis usaha non-UMKM sebanyak Rp28,62 triliun atau sebesar 64,20 persen dari total penyaluran kredit berdasarkan jenis usaha. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru