Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Gelar Peningkatan Kapasitas dan Pembentukan TRC

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 15 November 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulang Pisau, menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas tim reaksi cepat (TRC) penanggulangan bencana.

"Sebagai daerah dengan potensi bencana alam, masyarakat diharapkan selalu waspada terhadap berbagai ancaman bencana," ucap Kalaksa BPBD Pulang Pisau melalui Kabid Kesiapsiagaan, Tekson. Rabu, 15 November 2023.

Pelatihan tersebut, diikuti oleh 40 orang peserta terdiri dari TNI, POLRI, Kejari, Perangkat Daerah, unsur Kecamatan, Kelurahan, PLN, PLTU, PDAM, PMI, TAGANA, ORARI dan relawan.

Lebih lanjut, pelatihan tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas yang disiapkan saat tanggap darurat bencana terutama dalam menangani masalah pengungsi, penyelamatan, serta pemulihan prasarana dan sarana. 

"Banyak bencana yang telah terjadi di Pulang Pisau yang tentunya daat memberikan pembelajaran bagi kita bahwa banyaknya korban jiwa,harta benda dalam musibah tersebut karena kurangnya pengetahuan dan ketidaksiapan masyarakat," katanya.

Ia menambahakan, dengam adanya pelatihan tersebut Ia berharap Tim Reaksi Cepat bisa menjadi indikator kesiapan dalam menghadapi bencana.

"Melalui Tim Reaksi Cepat ini, diharapkan bisa dengan cepat, sigap dan efisien melakukan penanganan bencana apabila terjadi bencana," tutupnya. (M PRADILA KANDI/Y) 

Berita Terbaru