Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengusaha Kecil Gratis Stan Di Sampit Expo

  • 25 April 2016 - 19:48 WIB

Pameran tahunan bertema Sampit Expo 2016 menjadi ajang promosi bagi pelaku usaha kecil di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah untuk mempromosikan produk mereka secara gratis. 'Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kami fasilitasi di stan Disperindagsar dan Dinas Koperasi dan UKM.

Ada empat stan yang bisa dimanfaatkan oleh mereka secara gratis,' kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelola Pasar Korawaringin Timur (Kotim) Mudjiono saat dihubungi, Minggu (24/4/2016).

Sampit Expo dan Pasar Rakyat akan digelar pada 7-13 Mei nanti di Perumahan Wengga Metropolitan. Selain stan indoor dan outdoor, panitia juga menyiapkan lokasi untuk pasar rakyat dan mengantisipasi banyaknya pedagang dadakan yang datang menjelang acara.

Agenda tahunan memeriahkan hari ulang tahun daerah ini terus dipertahankan, salah satu tujuannya adalah mendorong pelaku usaha di daerah ini. Pemerintah daerah pun berupaya ajang ini benar-benar dimanfaatkan pelaku usaha, tanpa membebani mereka dengan biaya mahal.

'Sudah ada beberapa UMKM yang mendaftar. Ini kesempatan mereka untuk promosi. UMKM yang dibina kecamatan nanti akan mengisi stan masing-masing kecamatan. Dampaknya ada. Mereka sekarang banyak produksi kerajinan cinderamata, oleh-oleh dan camilan terkait jelawat, di antaranya di Kelurahan Baamang Hulu,' jelas Mudjiono.

Selain menyediakan wadah promosi, pemerintah daerah juga terus mendorong peningkatan sumber daya manusia pelaku usaha kecil di daerah ini. Caranya dengan menggandeng tenaga terampil dari luar daerah sehingga bisa mengajarkan keterampilan kepada pelaku usaha lokal untuk meningkatkan kualitas produk. 

Pemerintah daerah juga berusaha mencarikan mitra bagi pelaku usaha kecil di daerah ini. Mudjiono yakin potensi usaha kecil dan menengah di daerah ini bisa terus dikembangkan sehingga berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

(ANT/B-8)

Berita Terbaru