Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Puskesmas Pahandut Bagikan Tips Cegah Serangan Jantung

  • Oleh Pathur Rahman
  • 16 November 2023 - 13:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala UPTD Puskesmas Pahandut dr Muhammad Rizal aktif dalam memberikan tips penting kepada masyarakat tentang menjaga perilaku hidup sehat guna mencegah serangan jantung.

Dalam upayanya memberikan informasi yang bermanfaat, dr Rizal membagikan enam tips kunci yang dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan serangan jantung.

Menurut dr Rizal, langkah pertama yang sangat penting adalah memeriksa kesehatan secara rutin, termasuk pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, serta aspek kesehatan lainnya. Pemeriksaan rutin ini dapat membantu dalam deteksi dini dan pengendalian kondisi kesehatan yang dapat berkontribusi terhadap risiko serangan jantung.

Selain itu, beliau juga menekankan penghindaran terhadap rokok sebagai langkah kedua yang tak kalah penting. Merokok memiliki dampak yang sangat serius terhadap masalah kesehatan jantung.

"Menghentikan kebiasaan merokok atau menghindari paparan asap rokok dapat mengurangi risiko serangan jantung secara signifikan," katanya, Kamis, 16 November 2023.

Rizal juga menyarankan agar masyarakat menjaga rutinitas berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik yang teratur tidak hanya mendukung kesehatan jantung, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, penting juga untuk mengelola stres dengan baik. Stres yang berkepanjangan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan jantung. Berbagai teknik relaksasi atau kegiatan yang mengurangi stres dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Diet seimbang juga menjadi fokus, menurut dr Rizal makanan yang sehat dan seimbang sangat penting. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, serta menghindari makanan berlemak jenuh dan gula berlebih, dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Terakhir, dr. Rizal menegaskan perlunya istirahat yang cukup. Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan jantung. Istirahat yang cukup membantu tubuh dalam pemulihan dan memperkuat sistem kardiovaskular.

Berita Terbaru