Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri ATR/BPN: 80 Persen Palangka Raya Masuk Program PTSL

  • Oleh Marini
  • 17 November 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya, Kamis, 16 November 2023.

Hadi mengatakan, sertifikat yang diserahkan merupakan pelaksanaan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

Menurutnya, di Palangka Raya sudah 80 persen masuk program PTSL. Targetnya adalah 222 ribu bidang tanah, yang sudah selesai 197 ribu bidang tanah.

"Dari target yang dipasang tersebut, penyertifikatan tanah masyarakat hampir rampung. Bahkan persentasenya sudah cukup baik. Sehingga sudah 88 persen (PTSL), tinggal 12 persen lagi," katanya.

Ia juga mengutarakan, penyerahan sertifikat tersebut dilakukannya secara langsung atau door to door. Sembari berbincang dengan masyarakat terkait kegiatan yang dilakukan dan memberikan edukasi serta sosialisasi.

Ia juga menceritakan, saat berada dilokasi tersebut dirinya bersama rombongan, harus melewati jembatan papan dikarenakan bangunan rumah warga berada diatas rawa.

Ia jug memberitahukan, bahwa penyerahan sertifikat tanah hasil program PTSL sekitar 48 bidang tanah. Adapun jumlah warga yang tinggal di Kelurahan Bukit Tunggal berjumlah 50 kartu keluarga.

"Sertifikat memang gratis, tidak ada yang dipungut biaya. Kedua, saya juga harus menjelaskan karena dalam sertifikat itu tertulis terhutang, supaya tidak kaget semua. Kalau memang di sini harga tanahnya dari sertifikat kurang dari Rp.60 juta tentunya sesuai dengan aturan. Ini perlu kami sampaikan, dan sertifikat yang diberikan tidak ada tumpang tindih," tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru