Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kala Firli Bahuri Diperiksa Sebagai Saksi

  • Oleh ANTARA
  • 19 November 2023 - 09:15 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Sosok Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terlihat menghindar dari wartawan yang berupaya meminta klarifikasi usai pemeriksaan lanjutan di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (16/11). Peristiwa tersebut ramai menjadi pembicaraan, terutama di kalangan media. Lantas, pertanyaan pun muncul kenapa harus "kucing-kucingan" dan menghindar untuk memberikan keterangan terhadap kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK yang sedang bergulir.

Upaya wartawan untuk bisa mendapatkan keterangan itu usai purnawirawan Polri berpangkat komisaris jenderal menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Bareskrim Polri, bukan yang pertama kalinya.

Pada pemeriksaan awal, Selasa (24/10), Firli berhasil masuk dan keluar Gedung Bareskrim Polri tanpa terendus oleh media yang berbagi tugas menjaga setiap penjuru yang dimungkinkan petinggi lembaga antirasuah itu keluar dari ruang pemeriksaan Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri di lantai 6.

Firli kala itu datang lebih awal dari jadwal pemeriksaan pukul 10.00 WIB. Kedatangannya diketahui setelah salah satu mobil sedan warna hitam dengan nomor polisi B 1990 RFP parkir di belakang Gedung Rupatama Mabes Polri.

Dari dalam mobil tersebut terlihat dua pria sedang duduk dengan kondisi mesin mobil masih menyala. Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol. Ade Syafri Simanjuntak saat dikonfirmasi membenarkan kedatangan Firli di Bareskrim Polri pada pukul 09.40 WIB dan pemeriksaan dilakukan pukul 10.00 WIB.

Usai diperiksa selama kurang lebih 7 jam, drama kejar-kejaran demi mendapatkan keterangan Firli pun dimulai. Sejumlah pria yang diduga pengawal Firli memecah konsentrasi wartawan untuk mengetahui keberadaan Firli.

Wartawan menjaga pintu di lift utama Bareskrim Polri, pintu lobi Bareskrim, lift lantai 6 Dittipidkor, area parkir Mabes Polri, dan area parkir Gedung Bareskrim Polri, namun Firli tak juga muncul. Hingga sebuah minibus yang keluar dari parkiran lantai dasar, yang diduga ada Firli di dalamnya.

Pada pemeriksaan yang kedua, Kamis (16/11), wartawan meningkatkan upayanya untuk bisa mendapatkan klarifikasi dari Firli Bahuri terkait proses pemeriksaan yang dijalaninya.

Berbekal dari informasi penyidik terkait waktu selesai pemeriksaan Firli, wartawan mulai berpencar dan mengawasi setiap gerakan. Hingga muncul penasihat hukum Firli Bahuri, Ian Iskandar, di Lobi Bareskrim memberikan keterangan.

Sejumlah wartawan tidak ingin terkecoh, terus mencari tahu keberadaan Firli, hingga terendus saat dirinya keluar dari pintu belakang Lobi Rupatama Mabes Polri yang menjadi akses bagi JPU Polri, ia langsung memasuki kendaraan SUV dengan nomor polisi B 1917 TJQ.

Berita Terbaru