Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Berharap Rumah Betang Tumbang Gagu Jadi Destinasi Wisata Budaya

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 24 November 2023 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor berharap Rumah Betang Tumbang Gagu di Kecamatan Antang Kalang menadi destinasi wisata budaya.

"Kita memang punya satu bangunan yang usianya ratusan tahun. Kemarin kita juga membantu dana hibah Rp200 juta untuk perbaikan bangunan," kata Halikinnor, Jumat, 24 November 2023.

Sulit menemukan bangunan yang memiliki sejarah dan hanya ada di daerah tertentu saja yang memiliki Rumah Betang sebesar dan sekokoh itu. Untuk itu, ia berharapan bangunan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata budaya andalan Kotim.

Namun, saat ini kesulitannya karena daerah itu wilayah terpencil. Untuk menjangkau ke sana harus melewati sungai dan tergantung pasang surut sungai.

"Masih bisa tembus lewat darat. Kita membangun jalan tembus ke sana tetapi karena jauh dan jalannya masih belum maksimal ke depan dengan infrastruktur semakin bagus harapan kita akses lebih mudah," tandasnya.

Dia melanjutkan, hutan Desa Tumbang Ramei yang sedang diperjuangkan agar keluar dari perizinan perkebunan, juga menjadi obyek wisata dan penelitian. Ini supaya masyarakat berkunjung ke rumah Betang sekaligus melihat atau melakukan penelitian pohon-pohon Kalimantan yang berusia ratusan tahun. Seperti kayu meranti, kayu Ulin, dan banuas yang besar-besar yang diameternya hampir 2 meter yang sangat langka.

"Semoga bisa kita lestarikan menjadi salah satu hutan desa atau alam yang kita jaga untuk anak cucu kita. Harapan kita dengan dua lokasi itu terkoneksi, walaupun jauh orang akan datang ke sana," ujarnya. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru