Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudparpora Barito Timur Adakan Lomba Kuliner Tradisional Mangenta

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 November 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga atau Disbudparpora Kabupaten Barito Timur mengadakan lomba kuliner tradisional Kalimantan Tengah yang dinamakan Mangenta, di RTH Taman Nansarunai Tamiang Layang, Sabtu, 25 November 2023.

Lomba tersebut diikuti oleh 5 tim dari 5 kecamatan yaitu Kecamatan Pematang Karau, Dusun Tengah, Karusen Janang, Awang dan Kecamatan Benua Lima.

Lomba dibuka oleh Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan dan dihadiri oleh Ketua Pj TP PKK Barito Timur, sekretaris daerah, sekretaris DPRD, kepala Disbudparpora, kepala dinas kesehatan, kepala dinas lingkungan hidup, kepala Satpol PP, kepala dinas perhubungan, asisten II Sekda, para camat dan tamu undangan lainnya.

Kepala Disbudparpora Barito Timur Herawani mejelaskan, Mangenta adalah proses pembuatan makanan tradisional Dayak Kalimantan Tengah berbahan utama beras ketan, makanan tersebut dinamakan Kenta.

Mangenta merupakan tradisi masyarakat Dayak yang sudah mulai langka. Mangenta biasa dilakukan untuk menyambut panen padi sebagai ungkapan rasa syukur petani atas dimulainya musim panen padi.

"Orang Dayak pada zaman dahulu menjaga tradisi Mangenta dengan tujuan untuk mendahului masa berkembang biaknya hama padi seperti tikus, burung atau serangga," ucapnya.

Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan saat diwawancarai mengatakan, lomba Mangenta itu merupakan bentuk dukungan Pemkab Barito Timur untuk menjaga kelestarian makanan tradisional.

"Yang tentunya harus ini harus kita perkenalkan kepada seluruh masyarakat, kepada anak-anak muda Barito timur bahwasanya kita ada makanan yang menjadi ciri khas. Dan harapannya makanan tradisional kita ini terjaga dengan baik, dilestarikan dan menjadi suatu komoditi lokal yang dapat membuat masyarakat bangga memiliki nama kuliner Mangenta yang ternyata mudah dibuat, murah dan enak," katanya.

Adapun pemenang lomba Mangenta tersebut yaitu juara 1 diraih Tim Kecamatan Dusun Tengah, kemudian juara 2 Tim Kecamatan Pematang Karau dan juara 3 Tim Kecamatan Karusen Janang. (BOLE MALO/j)

Berita Terbaru