Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala MAN Kapuas : Kegiatan Pramuka Upaya Perkuat Karakter Peserta Didik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 November 2023 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas telah melakukan pengukuhan bagi anggota pramuka merupakan peserta didik madrasah setempat.

Kepala MAN Kapuas, Ahmad Mulyadi mengatakan hal ini sebagai upaya untuk memperkuat karakter dan semangat kepemimpinan generasi muda. 

"Pengukuhan Pramuka ini merupakan langkah strategis dalam memberikan pembelajaran di luar kelas, dengan fokus pada pengembangan keterampilan kepemimpinan, semangat kebersamaan, dan rasa tanggung jawab," katanya, Rabu, 29 November 2023.

Dia juga menyatakan ini sebagai bagian dari komitmen MAN Kapuas untuk membentuk peserta didik yang berkarakter dan berpotensi menjadi pemimpin masa depan.

Dirinya juga menekankan pentingnya pendidikan karakter dan peran Pramuka dalam membangun kepribadian siswa.

"Pramuka bukan hanya sekadar kegiatan ekskul, tetapi juga merupakan wahana pembelajaran luar biasa untuk membentuk karakter, kepemimpinan, dan kebersamaan. Saya berharap, melalui pengukuhan ini, semangat Pramuka dapat terus berkobar di hati setiap anggota," ujarnya.

Pengukuhan diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk upacara pengambilan sumpah, pemasangan tenda di halaman MAN Kapuas, seremoni pentas seni, pengenalan lambang-lambang Pramuka, Api unggun dan hiking. Selain itu, dilaksanakan pula berbagai permainan dan kegiatan kelompok untuk mempererat hubungan antaranggota.

"Saya bangga melihat semangat dan antusiasme dari para anggota Pramuka. Semoga melalui kegiatan ini, mereka dapat mengembangkan keterampilan sosial, kecerdasan emosional, dan semangat kepemimpinan yang akan membawa dampak positif tidak hanya bagi diri mereka sendiri, tetapi juga bagi lingkungan sekitar," pungkasnya. (DODI/H)

Berita Terbaru