Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Haringen Dilanda Banjir, Kedalaman Air di Kantor Desa 50 Sentimeter

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 November 2023 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Desa Haringen di Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur dilanda banjir akibat hujan mengguyur kawasan tersebut sehari sebelumnya, bahkan kantor desa setempat juga ikut tergenang air.

"Di halaman kantor kedalaman air mencapai 50 sentimeter," ungkap Kepala Desa Haringen Yasen memberikan informasi melalui pesan WhatsApp pada pukul 13.30 WIB.

Dia menjelaskan, air Sungai Sirau yang melintasi desa itu mulai meluap pada pukul 22.47 WIB malam tadi dan terus meningkat hingga saat ini. Meski demikian dia mengatakan belum ada warga yang mengungsi.

"Sementara ini warga hanya memindahkan barang-barang yang mudah rusak karena dan surat berharga ke tempat yang lebih tinggi," jelasnya tanpa menyebut jumlah keluarga yang terdampak banjir.

Pemerintah desa juga belum membuka dapur umum, namun Yasen berharap ada bantuan makanan maupun bahan makanan bagi warga karena mereka kesulitan memasak dalam kondisi seperti itu.

Menyikapi kantor desa yang menjadi langganan banjir setiap tahun dia berharap ke depan pemerintah daerah mengizinkan penggunaan Dana Desa (DD) untuk membangun kantor desa yang bertingkat.

"Untuk tahun depan kami mohon persetujuan bupati agar dapat membangun kantor bertingkat dari anggaran dana desa sehingga bisa mengamankan dukumen penting," katanya. (BOLE MALO/j) 

Berita Terbaru