Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cafe Rindu Rumah di Rutan Palangka Raya Sarana Pembinaan dan Peluang Wirausaha Bagi Narapidana

  • Oleh Pathur Rahman
  • 29 November 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam upaya pembinaan narapidana, Rumah Tahanan Kelas IIA Palangka Raya meresmikan Gallery and Resto Rindu Rumah atau Cafe Rindu Rumah. Sarana ini tidak hanya menjadi tempat bersantai bagi pegawai dan narapidana, tetapi juga sebuah inisiatif pembelajaran wirausaha di bidang kopi.

Gallery and Resto Rindu Rumah, yang dikenal sebagai Cafe Rindu Rumah, dibangun dengan konsep yang modern, menyediakan kopi dengan layanan oleh narapidana yang telah dilatih sebagai barista.

Karutan Palangka Raya, Bambang Widianto, mengungkapkan bahwa inovasi ini muncul dari antusiasme pengunjung untuk membesuk, yang kemudian mendorong pihak Rutan untuk memberikan pelatihan kepada narapidana oleh barista profesional.

"Ini adalah langkah untuk memberikan keterampilan kepada narapidana, sekaligus menciptakan pengalaman berwirausaha bagi mereka," ujar Bambang, Rabu, 29 November 2023.

Saat ini, sekitar 4-6 narapidana bertanggung jawab sebagai karyawan di Cafe Rindu Rumah setelah menjalani pelatihan. Selain memberikan keterampilan, Cafe Rindu Rumah juga bertujuan memberikan kenyamanan kepada pengunjung yang datang membesuk.

Bambang berharap melalui pembinaan ini, stigma negatif terhadap mantan narapidana dapat dihapuskan dari masyarakat.

"Semoga inisiatif ini memberikan manfaat yang baik dan mampu menciptakan kontribusi positif bagi masyarakat," tambahnya.

Pihak Rutan juga memiliki rencana untuk mempertemukan narapidana yang sudah bebas dengan Balai Pemasyarakatan, memberikan pendampingan dan dorongan agar mereka bisa membuka usaha sendiri.

"Kami percaya, dengan memberikan kesempatan dan pembinaan yang baik, narapidana bisa memiliki kehidupan yang lebih baik setelah bebas, dan ini akan mencegah mereka untuk kembali ke jalur tindak pidana," pungkasnya. (PATHUR/j)

Berita Terbaru