Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Gunung Mas: Setiap Orang Perlu Dijamin Memperoleh Pangan yang Aman dan Bermutu

  • Oleh Riska Yulyana
  • 29 November 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Richard mengatakan bahwa setiap orang perlu dijamin dalam memperoleh pangan yang aman dan bermutu.

"Pangan juga merupakan kebutuhan dasar bagi kelangsungan hidup manusia, sehingga setiap orang perlu dijamin dalam memperoleh pangan yang aman dan bermutu," ujar Richard, Rabu, 29 November 2023.

Dia melanjutkan, keamanan pangan merupakan kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia.

Olehkarena itu, pihaknya menyambut baik dengan digelarnya kegiatan sosialisasi peningkatan mutu dan keamanan pangan segar asal tumbuhan (PSAT) kepada penyuluh pertanian, petani, pelaku usaha yang bergerak di bidang pangan segar.

"PSAT merupakan bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang dihasilkan dari pasca panen, dapat dikonsumsi langsung dan atau dapat menjadi bahan baku pangan olahan," jelasnya.


PSAT merupakan bahan pangan yang beresiko tinggi terhadap cemaran kimia, biologi, dan fisik mulai dari proses produksi, pasca panen, distribusi, penyimpanan hingga proses penjualan sampai ke tangan konsumen.

"Karena itu, dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut khususnya pelaku usaha pangan segar bisa mendapatkan pengetahuan terkait keamanan pangan segar," tukas Richard. (RISKA YULYANA/Y)

Berita Terbaru