Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Brighton dan West Ham United Pastikan Tiket Fase Gugur Liga Europa

  • Oleh ANTARA
  • 01 Desember 2023 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Brighton & Hove Albion memastikan tiket mereka ke fase gugur Liga Europa berkat kemenangan 1-0 atas tuan rumah AEK Athena, sementara West Ham juga lolos setelah Tomas Soucek mencetak gol larut ke gawang Backa Topola pada Kamis waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Pasukan Roberto De Zerbi berkiprah di Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka, dan petualangan Brighton akan berlanjut hingga tahun baru berkat gol semata wayang yang dicetak Joao Pedro.

Brighton unggul dua poin dari Marseille di puncak klasemen Grup B, sedangkan klub Prancis tersebut dapat merebut kembali posisi teratas jika mampu mengalahkan Ajax Amsterdam pada pertandingan yang dimainkan lebih larut pada.

Para juara grup Liga Europa akan langsung melaju ke fase 16 besar, sedangkan tim-tim peringkat kedua akan memainkan pertandingan gugur dengan sistem kandang-tandang pada Februari melawan tim-tim yang finis di posisi ketiga grup di Liga Champions.

Brighton akan bersaing memperebutkan posisi puncak saat Marseille melawat ke kandang mereka, Stadion Amex, pada laga terakhir yang dimainkan pada Desember.

AEK menggempur gawang Brighton pada sebagian besar jalannya babak pertama, satu peluang bagus didapat tuan rumah melalui Orbelin Pineda yang upayanya masih dapat digagalkan kiper Bert Verbruggen.

Steven Zuber memiliki peluang bagus berikutnya untuk AEK, namun Verbruggen kembali mampu mencegah gawangnya kemasukan.

Zuber menanduk bola melebar dari tendangan sudut, dan kemudian melewati Joel Veltman sebelum melepaskan tembakan keras yang terdefleksi Lewis Dunk ke mistar gawang sebelum Mijat Gacinovic menendang bola pantul untuk melebar.

Sundulan Gacinovic dapat dihentikan oleh Verbruggen, yang aksi-aksi heroiknya membuka jalan bagi Brighton untuk merebut keunggulan. Damian Szymanski melanggar Joao Pedro di kotak terlarang dan penyerang Brasil itu mengambil sendiri eksekusi penalti untuk menyarangkan bola pada menit ke-55.

Hal itu sekaligus membuat Joao Pedro menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Europa untuk saat ini dengan lima gol, tiga di antaranya dari titik penalti ke gawang AEK Athena.

Berita Terbaru