Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Revitalisasi Bahasa Daerah Upaya Langkah Nyata dalam Mendukung Program Nasional

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Desember 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kegiatan penyusunan bahan ajar dalam rangka Revitalisasi Bahasa Daerah atau RBD dan peningkatan Muatan Lokal Bahasa Daerah yang diadakan di Hotel Putra Kahayan, Palangka Raya, mulai tanggal 4 sampai dengan 7 Desember 2023, merupakan langkah nyata dari Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.

"Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam mendukung program nasional untuk melestarikan bahasa daerah sebagai bagian integral dari keberagaman budaya Indonesia," kata Kepala Balai Bahasa Kalteng, Muhammad Muis dalam keterangan resminya pada Rabu, 6 Desember 2023.

Muis menuturkan, Kegiatan ini dihadiri oleh para guru utama dari berbagai kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah.

"Para peserta akan terlibat dalam sesi diskusi dan penyusunan bahan ajar yang bertujuan untuk menghasilkan materi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memperkuat pemahaman dan penggunaan bahasa daerah," terang Muis.

Pada acara ini, lanjutnya, narasumber yang terdiri atas pegiat sastra lisan, budayawan dan tenaga pendidik berkesempatan untuk berbagi pengalaman dan ide-ide inovatif dalam pengajaran bahasa daerah.

"Melalui kolaborasi dari berbagai pihak diharapkan langkah konkret dapat diambil untuk menjaga keberlanjutan bahasa daerah sebagai warisan budaya yang berharga," harap Muis.

Selain itu juga, lanjut Muis, diharapkan hasil dari kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya melestarikan dan mengembangkan kekayaan bahasa daerah di Kalimantan Tengah. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru