Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng Ini Dorong Peran Aktif Masyarakat Menjaga Satwa Langka

  • Oleh Donny Damara
  • 06 Desember 2023 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Banyaknya satwa langka yang masih ada di Kalteng hendaknya itu dapat terus dijaga dan dilestarikan, jangan sampai ditangkap secara liar hingga membuat kepunahan.

Dalam memperhatikan hal itu, Anggota DPRD Kalteng, Ina Prayawati mendorong peran aktif masyarakat dalam menjaga satwa langka yang masih ada di wilayah Bumi Tambun Bungai agar tidak mengalami kepunahan.

"Satwa langka pastinya dilindungi undang-undang, bagi siapa yang menangkap, memilihara secara ilegal dianggap sebagai tindak pidana, jadi jangan sampai itu terjadi. Masyarakat harus aktif bersama dalam menjaga satwa itu," ucapnya, Rabu, 6 Desember 2023.

Ina mengatakan, keberadaan satwa langka sangat penting guna menjaga keseimbangan ekosistem alam. Maka dari itu semua pihak dan juga masyarakat harus bisa bersama-sama melindunginya dari kepunahan.

Di Kalteng ada banyak satwa langka misalnya trenggiling, orang utan, bakantan, beruang madu, burung enggang, owa-owa dan lain sebagainya. Semua itu harus bisa dijaga jangan sampai ditangkap secara liar.

"Masyarakat harus berperan dalam melestarikan satwa langka, jika menemukannya agar dilaporkan atau diserahkan ke pihak BKSDA, hindari memelihara atau memperjual belikan satwa tersebut, sebab itu akan berdampak buruk terhadap kelestariannya," tutupnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru