Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wartawan Punya Andil Publikasikan Data Statistik Sensus Pertanian

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Desember 2023 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wartawan mempunyai andil dalam mempublikasikan data statistik sensus pertanian.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalimantan Tengah, Eko Marsoro dalam Workshop Wartawan bertajuk Pers dan Literasi Data Statistik, Mencatat Pertanian Indonesia pada Rabu, 6 Desember 2022.

"Wartawan yang menjadi ujung tombak pers di Indonesia tentu memiliki audiens yang bermacam-macam. Mulai dari masyarakat biasa hingga pemangku kebijakan. Oleh karena itu, wartawan juga memberikan andil yang sangat besar dalam mempublikasikan data hasil ST2023 ini," kata Eko.

Hal ini menurut Eko, menyebabkan perlu kehati-hatian dalam hal membaca data.

"Jangan sampai ada misinterpretasi sehingga menyebabkan kebingungan bagi pembaca datanya," bebernya.

Selain itu juga, lanjut Eko lagi, hal ini akan berdampak kepada pemangku kebijakan yang bisa saja salah merumuskan kebijakan karena misintepretasi ini.

"Workshop wartawan ini merupakan acara yang ke-2 yang diselenggarakan oleh BPS Provinsi Kalimantan Tengah. Acara serupa telah diselenggarakan pada tahun lalu dengan tema dan narasumber yang berbeda," bebernya.

Workshop wartawan ini, kata Eko, akan dilaksanakan selama sehari dengan 2 narasumber dari Tempo dan Tim Kehumasan BPS RI.

"Dengan adanya workshop wartawan ini, harapannya selain untuk belajar mengenal lebih dalam data statistik terutama hasil ST2023, juga sebagai wadah berbagi informasi antar wartawan," harapnya.

Selain itu, katanya, juga dapat meningkatkan literasi data statistik terutama data ST2023 yang baru saja di rilis kemarin. Terakhir, para peserta workshop ini diharapkan dapat menyerap ilmu yang dibawakan oleh kedua narasumber nantinya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru