Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wartawan Borneonews Juara III Lomba Menulis Berita Statistik

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Desember 2023 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wartawan Borneonews, Testi Priscilla memenangi juara III lomba menulis berita statistik dalam Workshop Wartawan bertajuk Pers dan Literasi Data Statistik, Mencatat Pertanian Indonesia pada Rabu, 6 Desember 2022.

Membawa judul berita feature "Tinggalkan Gaji Besar, Mersel Memilih Jadi Petani Milenial", Testi mengulik kehidupan seorang petani Milenial bernama Marselinus Pradana Maestro Borneo Putra, "Petani Milenial" pemilik Maestro Borneo Hidroponik Farm.

Metode lomba menulis ini dibuat sedemikian rupa. BPS Provinsi Kalimantan Tengah menyediakan tiga narasumber bidang pertanian untuk menjadi bahan berita para wartawan yang mengikuti lomba. Hal ini tentu berkaitan dengan Sensus Pertanian 2023 yang telah dilakukan oleh BPS Provinsi Kalteng dan telah dirilis secara resmi pada 4 Desember 2023 lalu.

Maka tidak heran jika lomba ini dikaitkan dengan sektor pertanian dan sangkut pautnya dengan data statistik yang telah dirilis.

Retno Sulistyowati selaku narasumber sekaligus juri lomba menulis ini merupakan seorang wartawan ekonomi senior yang bekerja pada Tempo.

"Data statistik harus diolah menjadi featur dengan mengaitkannya kepada sosok yang dekat dengan masyarakat. Maka saya rasa tiga pemenang yakni wartawan Intimnews, Antara, dan Borneonews sudah memenuhi unsur-unsur penulisan yang dimaksud," bebernya.

Dalam penutupan kegiatan ini juga disampaikan sambutan oleh Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Kalteng, Maria Wahyu Utami, usai menyerahkan hadiah kepada tiga penulis terbaik.

"Kami mengucapkan selamat kepada tiga pemenang tadi. Yang lain bukan berarti tidak bagus, tetapi mungkin tidak sesuai dengan persyaratan. Bagi yang belum menang mungkin bukan kategorinya saja jadi jangan patah semangat," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru