Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Proklim Program Nasional Dikelola Kementerian LHK

  • Oleh Ramadani
  • 06 Desember 2023 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Program Kampung Iklim (Proklim) merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka keterlibatan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Selain itu, memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barito Utara melalui Kepala Bidang tata Lingkungan, Siti Hadijah mengatakan, proklim merupakan aksi bersama adaptasi dan perubahan iklim, yang dapat mitigasi mensinergikan berbagai pemangku kepentingan (kelompok masyarakat, pemerintah/pemerintah daerah, LSM, Asosiasi, Akademisi, dan dunia usaha).

“Kampung iklim dalam kegiatan proklim adalah lokasi yang berada di wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau Dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa, atau wilayah yang masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkesinambungan,” kata dia Siti Hadijah menyampaikan laporan Kadis Lingkungan Hidup saat pembukaan sosialisasi program Proklim, Rabu, 6 Desember 2023.

Dikatakannya, pada tahun 2023 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara telah mendaftarkan 2 (dua) lokasi pada Sistem Registrasi Nasional (SRN) sebagai lokasi proklim yaitu Kelurahan Melayu dan Desa Pendreh yang mendapat penghargaan kategori Madya atas partisipasinya dalam mengembangkan Program Kampung Iklim (proklim).

Sosialisasi diikuti 60 peserta yang berasal dari perusahaan di Barito Utara, Camat Barito Utara, perwakilan kepala desa dan OPD terkait dalam pembinaan proklim.

“Kami mohon partisipasi bapak dan ibu peserta untuk dapat mengikuti sosialisasi pada hari ini sampai dengan selesai sehingga nantinya akan banyak lokasi pada Kabupaten Barito Utara yang bisa diusulkan sebagai kampung iklim pada sistem registri nasional (SRN),” pungkasnya.(RAMADHANI/j)

Berita Terbaru