Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Jadwal Lengkap Safari Natal Pemkab Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 08 Desember 2023 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar mengeluarkan jadwal Safari Natal Pemkab Barito Timur yang dilaksanakan pada 10 kecamatan sepanjang Desember 2023. Jadwal pertama telah dilaksanakan pada Kamis, 7 Desember di GKE GKE Gloria Lenggang Kecamatan Raren Batuah.

Sedangkan jadwal kedua hingga kesepuluh dilaksanakan berturut di Kecamatan Pematang Karau (halaman kantor Camat) pada 8 Desember, Dusun Tengah (GKE Daya Pakat Batu Sahur) 11 Desember, Karusen Janang (GKE Utus Jari Dayu) 12 Desember dan Kecamatan Paju Epat (GKE Telang) 13 Desember.

Kemudian Kecamatan Patangkep Tutui (GKE Melkisedek Bentot 14 Desember, Benua Lima (GKE Anugerah Taniran) 15 Desember, Dusun Timur (GKE Pulau Patai) 18 Desember, Paku (GKE Mahanaim Runggu Raya) 19 Desember dan Kecamatan Awang (GKE Berkat Hayaping) 20 Desember.

Sebelumnya pada safari Natal di Kecamatan Raren Batuah, Asisten III Sekda Edius Uhing mengatakan, perayaan Natal bukanlah sekedar rutinitas tahunan biasa, melainkan momen penting khususnya bagi umat kristiani di dunia untuk memaknai kelahiran Yesus Kristus dalam kesederhanaan dan kepapaan di dalam palungan kandang domba demi menyelamatkan manusia dari dosa.

"Karena itu pemerintah terus mendorong dan menjamin terlaksananya kegiatan perayaan natal seperti ini di seluruh daerah agar berlangsung dengan aman, lancar dan sukses," ujarnya mewakili Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan.

Menurut Edius Uhing, pembinaan umat beragama menjadi salah satu prioritas dan perhatian serius dalam pembangunan Barito Timur selama ini sesuai visi-misi pemerintah daerah.

"Apabila umat beragama telah terbina dengan baik maka peran serta masyarakat dalam pembangunan akan meningkat demikian pula sebaliknya," katanya.

Karena itu berbagai program konkret terus kita upayakan seperti penyediaan dana bantuan untuk perbaikan dan pembangunan rumah ibadah, pemberian bantuan operasional bagi rumah ibadah dan program lain yang tujuannya untuk pertumbuhan dan perkembangan umat beragama di Kabupaten Barito Timur sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Pemerintah Kabupaten Barito Timur juga terus berkomitmen untuk melaksanakan program safari seperti ini baik safari Natal pada saat umat Kristen merayakan Natal, safari Ramadhan pada saat umat Islam melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan maupun safari Nyepi pada saat saudara kita yang beragama Hindu merayakan Nyepi," ungkap Edius.

Dia menambahkan, kegiatan safari tersebut selain untuk membina silahturahmi, juga sekaligus untuk menjamin terbinanya tri kerukunan umat beragama di daerah di Barito Timur yaitu kerukunan antar umat beragama, kerukunan sesama agama dan antara umat beragama dengan pemerintah.

"Melalui safari seperti ini terjalin komunikasi langsung antara masyarakat dan pemerintah dimana masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan harapannya kepada pemerintah sehingga ada hubungan timbal balik dalam pembangunan, sehingga pembangunan daerah dapat dilaksanakan dengan lancar dan berkesinambungan sesuai dengan rencana program daerah yang sudah ditetapkan. Kondisi tersebut harus kita pertahankan dan terus kita dorong di masa-masa yang akan datang," lanjut Edius Uhing. (BOLE MALO/j) 

Berita Terbaru