Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Imbauan Pj Bupati Barito Timur untuk Masyarakat di Wilayah Rawan Banjir

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 Desember 2023 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pejabat (Pj) Bupati Barito Timur Indra Gunawan menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir. Imbauan tersebut demi menghindari korban nyawa manusia maupun kerugian harta benda akibat banjir.

"Cuaca musim hujan saat ini masyarakat harus lebih waspada dengan memperhatikan keselamatan anak-anak yang bermain di air," ujarnya saat diwawancarai di sela penyaluran bantuan tanggap bencana banjir di Desa Magantis, Senin, 11 Desember 2023.

Selain itu Kepala Daerah juga mengingatkan agar masyarakat mengamankan surat-surat berharga dan barang elektronik.

"Demikian juga kabel listrik yang terkena air agar dimatikan sambungan listriknya sehingga tidak tersetrum. Jadi keselamatan jiwa pada saat bencana banjir ini harus menjadi prioritas di samping keselamatan harta benda," lanjutnya.

Selanjutnya Indra Gunawan berpesan agar masyarakat selalu menyimak informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG sehingga dapat mengantisipasi perubahan cuaca.

"Kemudian terhadap rumah yang kosong atau ditinggalkan saat mengungsi harus diperhatikan keamanannya," imbuh Pj Bupati.

Dia menegaskan supaya saat mengungsi masyarakat mematuhi titik-titik evakuasi yang telah ditentukan oleh pemerintah desa dan kecamatan sehingga tertib dan terkoordinir dengan baik.

"Jangan mengambil inisiatif sendiri karena pemerintah desa dapat berinovasi untuk menentukan tempat titik evakuasi di gedung sekolah, balai desa atau rumah ibadah," terangnya. (BOLE MALO/j) 

Berita Terbaru