Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kobar Bersama Mercure Hotel Pangkalan Bun Imbau Warga Berantas Sarang Nyamuk

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 13 Desember 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Mercure Hotel Pangkalan Bun mengadakan acara Solidarity Week yang menghadirkan kegiatan talkshow bersama Mercure melawan DBD dan bhakti sosial donor darah, Rabu, 13 Desember 2023.

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), unsur TNI-AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kodim 1014 Pbn, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), CSR CBI Group dan dikuti peserta dari warga Bumi Marunting Batu Aji.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kobar, dr. Jhonferi Sidabalok mengajak seluruh masyarakat Kobar mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di lingkungan sekitar. 

"Pastikan di lingkungan perkarangan rumah dahulu bahwa tidak ada kontrainer ataupun wadah yang bisa menjadi tempat penampungan air yang dapat menjadi sarang nyamuk," ujarnya. 

Jhonferi menyampaikan kasus DBD di Kabupaten Kobar sendiri berjumlah 328 kasus pada tahun 2022 kemudian meningkat dari Januari sampai per 12 Desember 2023 menjadi 417 kasus DBD. 

"Saat ini yang dilaporkan daerah paling tinggi ada di Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan," katanya. 

Ia menyampaikan saat ini status Kabupaten Kobar masuk dalam katagori siaga namun belum memasuki Kejadian Luar Biasa (KLB), sehingga diharapkan seluruh stakeholder dan masyarakat bersama-sama memutus mata rantai penularan Dengue.

Disisi lain, Camat Arut Selatan, Indra Wardana menyampaikan pihaknya akan terus melakukan upaya penanggulangan penyebaran DBD secara terpadu dari tingkat RT, keluarahan sampai kecamatan.

"Harus dilakukan secara continue dalam sebulan minimal 4 kali, jadi keterlibatan masyarakat dalam membersihkan sampah (yang berisiko menjadi sarang nyamuk) harus dimulai dari lingkungan kecil seperti tingkat keluarga, lingkungan sekitar, RT, keluarahan hingga kecamatan," tuturnya.

Melalui acara Solidarity Week Talkshow Bersama Mercure Melawan DBD dengan Mercure Hotel Pangkalan Bun dapat memberantas penyebaran virus dengue di sekitar lingkungan hotel terutama di masyarakat yang tinggal di daerah Kampung Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar.(NURITA/H)

Berita Terbaru